HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

Tips Yang Bisa Anda Gunakan Jika Terjadi Kecelakaan Pesawat

Kecelakaan pesawat jelas mimpi buruk  bagi pengguna jasa pe­nerbangan, termasuk keluarga­nya. Ada atau tidak ada kecelakaan, kita perlu mempersiapkan bagaimana menyelamatkan diri. Berikut sembilan tips – tips khusus versi Smarter Traveler. Silahkan disimak :
1. Menggunakan Sepatu dengan Benar
Kenakan sepatu lebih rapi dan sopan, selain itu demi alasan keamanan jika terjadi hal-hal yang tidak diingin­kan, yang mengharuskan Anda melewati puing-puing. Walaupun memakai sandal lebih praktis, jangan lupa menggunakan kaos kaki, jadi kaki Anda lebih terlindungi. Namun, saat evakuasi (penyelamatan) tertentu penumpang yang keluar dengan slide (papan peluncur) tidak boleh memakai sepatu.
2. Cara Cepat Membuka Sabuk Pengaman
Mengenakan sabuk pengaman (seat belt) menjadi keharusan bagi setiap penumpang saat berada di pesawat. Perhatikan cara penggunaan, mengerat­kan dan melepaskannya deng­an tepat. Jangan anggap sepele salah satu alat keselamatan ini. Saat terjadi kecelakaan, rasa panik langsung merasuk ke pikiran. Hal tersebut membuat pikir­an kosong, bahkan diperkirakan Anda lupa bagaimana caranya melepas sabuk pengaman.
3. Membuat Rencana A dan B
Saat masuk di pesawat dan mulai duduk, Anda harus memperhatikan kondisi sekitar seperti lokasi tempat duduk, jarak dengan pintu utama, jarak dengan jendela darurat. Hal ini akan mempermudah Anda untuk penye­lamatan diri.Bilamana dirasa pintu atau jendela darurat jauh dari tempat duduk Anda, setidaknya Anda tahu kapan harus berjalan cepat untuk segera keluar.
4. Cara Membuka Pintu/Jendela Darurat
Terutama Anda yang duduk di baris jendela darurat (emergency exit window) , Anda akan dibriefing oleh awak pesawat bagaimana prosedur membukanya jika terjadi darurat. Selain itu, kartu petunjuk tersedia di kantong kursi di depan Anda.Perlu diingat, beda pesawat juga beda jumlah pintu ataupun jendela daruratnya. Anda harus memperhatikan secara detail.
5. Lebih Tanggap
Apabila ada announcement (pengumuman) terjadi keadaan darurat yang perlu evakuasi, Anda harus segera sigap dan cepat ambil tindakan. Jang­an meng­anggap remeh apabila ada teriakan atau instruksi.
6. Lakukan Gerakan Keselamatan
Beberapa petunjuk yang kerap diinstruksikan oleh flight attendant jika terjadi keadaan darurat pada umumnya adalah penggunaan baju pelampung, masker oksigen. Anda juga dapat mempelajari hal lain seperti menunduk di kartu keselamatan Anda.Sesekali, Anda dapat melakukan latihan gerakan saat mulai duduk atau sekadar membayangkan. Ini akan lebih matang menyiapkan kemampuan Anda.
7. Segera Tinggalkan Barang Bawaan
Perhatikan instruksi, apabila terjadi kecelakaan, harap tidak membawa barang bawaan Anda. Beberapa laporan menyatakan 68 persen penumpang meninggal dalam kecelakaan pesawat karena kejadian usai kecelakaan, bukan ketika kecelakaan terjadi. Menurut laporan, mereka yang sudah selamat berusaha kembali ke pesawat untuk mengambil barang.
8. Selalu Waspada dan Hati-Hati
Dari hasil survei, tercatat 80 persen kecelakaan atau suatu kejadian terjadi pada tiga menit setelah lepas landas (take off) dan delapan menit sebelum mendarat (landing). Menghindari hal yang tidak diinginkan, maka ikuti seluruh petunjuk cabin crew, misalnya jika diminta mematikan handphone dan perangkat elektronik lainnya.
9. Menjauh dari Puing-Puing Pesawat
Apabila Anda berhasil menye­lamatkan diri dari kecelakaan pesawat, segeralah menjauh dari puing-puing ataupun api di pesawat. Segera meminta pertolongan dengan pihak terdekat.
Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan apabila anda mengalami kecelakaan pesawat. Tapi siapa sih yang pengen mengalami kecelakaan? tentu diatara anda tidak ada yang mau. Jadi tetap berdoa meminta keselamatan kepada Tuhan yang maha kuasa.

3,624 total views, 2 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm
Top