HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

St. Bernadette Soubirous, Jenazahnya Tak Lekang Dimakan Waktu

Ada banyak hal yang sulit kita mengerti di dunia. Mengapa seseorang tidak jadi meninggal? Mengapa manusia bisa tiba-tiba berubah menjadi separuh hewan? Hal-hal yang rasanya sulit masuk ke dalam logika kita. Namun itulah kebesaran Tuhan. Selalu mengingatkan kita bahwa ada kekuatan besar di luar kemampuan kita. Berikut ini adalah kisah St. Bernadette, kisah mengenai suster yang telah meninggal ratusan tahun namun jenazahnya tidak hancur sama sekali.

Santa Bernadette lahir dengan nama asli Marie Bernarde Soubirous. Lahir pada tanggal 7 Januari 1844 dan meninggal pada 16 April 1879 di usia 35 tahun karena penyakit saluran pernafasan. Ia meninggal dalam keadaan telah menjadi biarawati. Namun setelah dimakamkan dan hendak digali 30 tahun kemudian, jenazahnya masih ada, tidak busuk dan tidak hancur sama sekali. Hanya rosario dan salib dalam genggamannya yang berkarat. Ia dimakamkan kembali, namun dalam penggalian berikutnya tahun 1925, tubuhnya tetap tidak membusuk.

st-bernadette-soubirous-jenazahnya-tak-lekang-dimakan-waktu

Jenazahnya kini disimpan di dalam sebuah peti kaca. Bila Anda melihat ke dalamnya, Anda akan seperti melihat sosok yang sedang tertidur. Seperti manusia biasa yang belum meninggal. Hingga kini, jenazah St. Bernadette masih ada di kapel biaranya di Nevers, Prancis. Setiap umat Katolik memperingati wafatnya setiap tanggal 16 April 1879. Pada 8 Desember 1922 ia dikanonisasikan sebagai orang kudus dengan gelar santa. Semasa hidupnya, St. Bernadette memang dikenal sebagai orang yang baik dan sabar sekalipun sering sakit-sakitan.

Mengagumkan bukan apa yang bisa terjadi pada St. Bernadette? Meski sudah lama meninggal, namun jenazahnya masih ada dan tidak membusuk, bahkan seperti sedang tidur. Itulah kekuatan Tuhan yang kadang bisa membuat kita terheran-heran karena berada di luar rasionalitas kita. Percaya tidak percaya, semua tergantung keyakinan kita.

4,450 total views, 4 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top