HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

Rizky Abdi Dalem Termuda Keraton Jogja, Mengabdi Sepulang Sekolah TK

Seorang Abdi Dalem Keraton merupakan sosok yang penuh makna dan citra. Untuk menjadi seorang Abdi Dalem tidak semudah yang kita kira, karena harus melalui proses seleksi. Mengabdi kepada seorang raja yang mereka percayai merupakan suatu kebanggaan, bahkan mendapatkan kepuasan batin dan kehidupan yang tentram. Demikian pula dengan Riski Kuncoro Manik, seorang Abdi Dalem tercilik di Keraton Jogjakarta. Riski yang terlahir dari keluarga sederhana juga bergaul seperti biasanya dengan teman-temannya di Taman Kanak-kanak.

Rizky-Kuncoro-Manik

Namun ada keunikan tersendiri pada sosok Riski, ia mempunyai keinginan menjadi seorang Abdi Dalem saat menginjak usia 5 tahun lantaran melihat sosok sang ayah yang juga berprofesi menjadi seorang Abdi Dalem di Keraton Jogjakarta. Sejak usia 3 tahun Riski sudah di perkenalkan tentang lingkungan dan kehidupan di Keraton Jogjakarta. Tidak hanya itu Riski pun termasuk orang yang pandai dan mampu menghafal nama-nama tokoh pewayangan yang dipelajari dari ayah nya.

11334663_813351645439211_208781822_nObsesi nya menjadi seorang Abdi Dalem ternama membuat Riski terkesan istimewa. Bagaimana tidak, Riski merupakan sosok Abdi Dalam termuda di Keraton Jogjakarta. Setiap hari sepulang sekolah Riski selalu berangkat dengan ayah nya menggunakan sepeda ontel menuju Keraton. Riski dikenal sebagai anak yang baik oleh para keluarga Abdi Dalem lainnya di Keraton. Setiap harinya Riski menjadi pusat perhatian dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Riski pun kerap menjadi obyek foto-foto bagi para wisatawan yang berkunjung ke Keraton Jogjakarta.

Dengan usia nya yang masih sangat muda Riski telah memiliki pengalaman yang istimewa sebagai Abdi Dalem Keraton. Riski pun pernah diminta untuk foto bersama Presiden Ceko pada tahun 2012 lalu. Tidak hanya itu Riski pun kerap diminta untuk foto bersama para pejabat-pejabat tinggi lainnya. Di keraton Riski biasanya memainkan gamelan-gamelan di hadapan para wisatawan yang sedang melihat-lihat bangunan keraton. Seorang Abdi Dalem keraton pastinya akan mengabdi kepada raja nya dengan segala perintah yang dikenakan kepada seorang Abdi Dalem, begitu pula hal nya dengan Riski, ia selalu patuh terhadap raja nya (Sri Sultan Hamengkubuwono X). Sedangkan Dalem memiliki makna atau arti “Rumah” yang berarti segala sesuatu harus dilakukan di dalam rumah, yakni Keraton.

Abdi Dalem Cermo Gundolo (67) mengajarkan cara mendalang kepada Rizky Kuncoro Manik (6), cucu abdi dalem, di Keraton Yogyakarta, Yogyakarta, Kamis (25/6). Pewarisan keterampilan dalam hal berkesenian tradisional merupakan salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan. Kompas/Ferganata Indra Riatmoko (DRA) 25-06-2015 USULAN HUT KOMPAS

Abdi Dalem di keraton bukanlah seorang karyawan yang di gaji, mereka masing-masing mempunyai tugas yang berbeda-beda. Para Abdi Dalem tidak hanya menjaga keraton dan mengabdi kepada Raja nya saja, mereka pun selalu di libatkan dalam acara acara akbar yang di gelar oleh Keraton Jogjakarta seperti Kirab keraton, dsb. Tak mengenal usia, baik muda mauapun tua Abdi Dalem di keraton Joagjakarta tidak pernah di beda-bedakan dari berbagai hal. Siapapun bisa menjadi seorang Abdi Dalem di Keraton. Abdi Dalem memang menjadi agen pelestari budaya melalui kesetiaan yang mereka tunjukkan kepada raja nya. Mereka menjadi contoh bagi masyarakat yang melihat, generasi muda, ataupun orang lain yang tidak mengetahui sama sekali tentang budaya Jawa (Jogjakarta).

Abdi Dalem tetap bangga dengan perilaku keseharian yang ditata berdasarkan budaya Jawa meskipun banyak orang mengatakan mereka sudah ketinggalan jaman. Tetapi panggilan kesetiaan pada budaya perlu kita contoh untuk melestarikan budaya kita masing-masing. Semoga apa yang Riski lakukan menjadi seorang Abdi Dalem di usia dini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk tetap mempertahakan kebudaya Indonesia.

96c29c04d5b88f72e371ef8b1d320947

Sumber : http://www.kompasiana.com/dinulislam/rizki-kuncoro-manik-sang-abdi-dalem-tercilik-di-keraton-ngayogyakarta-hadiningrat_552a19536ea8344279552d22

1,228 total views, 4 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top