HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

Profil Xpress Air

Xpress Air (XN/XAR) atau sebelumnya bernama Express Air adalah maskapai penerbangan Indonesia yang melayani penerbangan reguler domestik dengan layanan kelas Premium. Maskapai berslogan “Terbanglah Indonesia” ini melayani khususnya rute ke daerah timur Indonesia. Xpress Air pertama kali beroperasi pada tahun 2003 melayani rute antara Jakarta dan Jayapura.

Xpress Air menjadi maskapai penghubung utama antara pulau Jawa dengan kota-kota di timur Indonesia melalui Makassar. Kota-kota utama destinasi Xpress Air antara lain adalah Sorong, Ternate, Manokwari dan Jayapura. Walaupun kota-kota tersebut bukan destinasi populer, namun daerah-daerah tersebut menyimpan kekayaan dan keindahan yang layak untuk dijelajahi dan dikembangkan oleh para penanam saham. Dari situlah Xpress Air menjalankan visi misi operasionalnya.

Xpress Air mengutamakan beberapa nilai dalam layanannya. Selain keramahan seluruh stafnya mulai dari proses check-in hingga setelah pendaratan, Xpress Air juga menawarkan kenyamanan di dalam armada pesawat kecilnya. Berawal dari maskapai rute domestik, Xpress Air juga kemudian merambah ke rute internasional seperti dari Pontianak ke Kuching, Malaysia.

Rencana ekspansi juga sedang dijalankan oleh maskapai berarmada Boeing 737 dan Dornier 328 ini. Penambahan armada diharapkan dapat mengoptimalkan perluasan jaringan ke daerah-daerah di Indonesia Timur, seperti Papua dan Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara dan Sulawesi, demikian juga ke wilayah di kepulauan terpencil.

Penumpang Xpress Air kelas Ekonomi memperoleh hak bagasi gratis hingga 20 kg dan bawaan kabin seberat hingga 5 kg untuk pesawat jet Boeing. Untuk pesawat jenis Dornier, penumpang memperoleh hak bagasi gratis seberat 10 kg dan bawaan kabin hingga 2 kg.

Di semua penerbangan Xpress Air juga disediakan snacks dan minuman secara gratis. Khusus penerbangan berdurasi di atas 90 menit, makanan utama hangat (hot meal) juga disediakan secara gratis.

PK-TXY-Express-Air-Boeing-737-200_PlanespottersNet_413036

Sejarah Xpress Air

Maskapai ini didirikan pada tahun 2003, meluncurkan penerbangan komersil perdananya pada 23 Juni 2003 dengan rute Jakarta-Jayapura. Semula bernama Express Air, pada tahun 2012 maskapai ini mengubah brand name menjadi Xpress Air.

Di masa-masa awal operasinya, Xpress Air hanya menggunakan 2 armada pesawat Boeing 737-200, dan terbang ke kota-kota destinasi di timur Indonesia, seperti Makassar, Sorong, Ternate, Jayapura dan Manokwari. Kini, armada Xpress Air diperkuat dengan Boeing 737-200, Boeing 737-300, Boeing 737-500, Dornier 328-100 dan Dornier 328-300 yang jumlah keseluruhannya sekitar 14 unit.

Sejak awal mula berdiri, Xpress Air sudah mempercayakan perawatan armada pesawatnya kepada PT Aero Nusantara Indonesia (ANI), yang juga merupakan salah satu pemegang saham dari Xpress Air. Saat ini Xpress Air masuk dalam kategori 2 dalam hal kualitas keamanan penerbangan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia.

Pada September 2013, Xpress Air meluncurkan penerbangan rute internasional yaitu Pontianak-Kuching-Pontianak. Penerbangan ini juga tersedia dari Bandung dengan transit terlebih dahulu di Pontianak. Saat ini, Xpress Air sedang gencar mengembangkan sayapnya ke bagian barat Indonesia, dengan membuka rute-rute ke pulau Sumatera, seperti Bandung-Padang serta Bandung-Palembang.

Seragam Pramugari Xpress Air

gambar pramugari Xpress AirPramugari Xpress Air mengenakan seragam yang anggun yaitu: paduan blus lengan pendek dan rok selutut bercorak batik dan berwarna biru tosca. Sebagai pelengkap, pramugari juga mengenakan selendang panjang berwarna biru.

9,541 total views, 2 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top