HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

Profil Wings Air

Wings Air (IW/WON) atau lengkapnya Wings Abadi Airlines adalah maskapai penerbangan Indonesia yang merupakan anak maskapai Lion Air. Wings Air melayani rute-rute regional yang menghubungkan antara kota kecil dengan kota hub yang dilayani oleh maskapai intraduk Lion Air.

Wings Air memulai penerbangan komersil perdananya pada pertengahan tahun 2003, berbasis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta serta berkantor pusat di Manado, Sulawesi Utara.

Selain melayani penerbangan rute domestik, saat ini Wings Air juga melayani penerbangan internasional ke 2 destinasi internasional yaitu rute Pekanbaru-Malacca dan Medan-Penang.

Di akhir tahun 2015, Wings Air berencana akan menambah 27 unit ATR 72-600 dan menjadi operator armada ATR terbesar di dunia dengan 20 unit ATR 72-500 dan 40 unit ATR 72-600.

Penumpang Wings Air mendapat jatah bagasi kabin dengan berat hingga 7 kg, baik untuk domestik maupun internasional. Penumpang juga memperoleh bagasi check-in gratis hingga 10 kg.

ATR-WingsAir

Sejarah Wings Air

Wings Air didirikan pada tahun 2003 sebagai perpanjangan sayap Lion Air ke rute-rute regional (feeder routes) di seluruh Indonesia, beroperasi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan berkantor pusat di Manado, Sulawesi Utara. Wings Air awalnya beroperasi sebagai anak perusahaan low-cost carrier (LCC) dari Lion Air, tetapi akhirnya Lion Air sendiri memperkenalkan diri sebagai maskapai berbiaya murah, dan Wings Air difokuskan menjadi feeder. Armada awal Wings Air adalah McDonnell Douglas MD-80 dan MD-82 bekas Lion Air serta De Havilland Dash-8, tetapi lama kelamaan MD-80 dan MD-82 dipensiunkan dan diganti dengan armada regional ATR-72.

Maskapai regional yang dipimpin oleh Rusdi Kirana ini pertama kali memperkenalkan 3 unit ATR 72-500 nya ke pasaran Indonesia pada tahun 2010. Penguatan armada ini diikuti oleh penambahan 15 unit ATR 72-500 dan 15 unit ATR 72-600 dengan nilai hingga USD 600 juta. ATR 72-500 ini menggantikan armada terdahulu yaitu MD-80, disertai dengan penambahan frekuensi rute yang sebelumnya dioperasikan oleh Lion Air. Rute-rute yang overlap dengan Lion Air ditutup dan Wings memantapkan diri sebagai maskapai regional.

Pada November 2010, Wings Air mulai melebarkan sayapnya ke rute internasional yaitu Pekanbaru-Melaka dan Medan-Penang, yang sebelumnya dioperasikan oleh Lion Air.

Seiring waktu, Wings Air lebih berfokus pada armada ATR 72-500 dan ATR 72-600 serta tidak memesan lagi jenis unit lainnya sekalipun ATR berkapasitas lebih sedikit yaitu total 72 orang. Hal ini disebabkan oleh keputusan Wings Air untuk lebih menambah frekuensi penerbangan dibandingkan kapasitas, serta memfokuskan diri sebagai maskapai feeder dari Lion Group.

Seragam Pramugari Wings Air

gambar pramugari Wings AirPramugari Wings Air mengenakan seragam yang terdiri dari rok di atas lutut dan blouse lengan pendek berwarna merah. Di bagian dada sebelah kiri terlihat logo Wings Air.

13,107 total views, 8 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *