HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

Penumpang di Bandara Kini Wajib Lepas Ikat Pinggang dan Jam Tangan

20120716standar-operasional.jpg

Selain menjalani pemeriksaan melalui metal detector, kini penumpang pesawat yang masuk ke bandara harus melepas ikat pinggang dan jam tangan.

Kebijakan baru ini diterapkan setelah sebelumnya ada modus menyembunyikan senjata tajam di ikat pinggang maupun jam tangan.

“Setelah prosedur pemeriksaan diperketat, dalam sepekan terakhir, petugas Aviation Security (Avsec) menggagalkan lolosnya senjata tajam yang disembunyikan di ikat pinggang atau kepala ikat pinggang yang dimodifikasi menjadi senjata tajam.”

Hal itu dikatakan oleh Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura II Agus Haryadi melalui keterangannya kepadaKompas.com, Selasa (3/11/2015).

116025_620

Agus menambahkan, kebijakan ini juga sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 127 Tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional dan Surat Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 3 Tahun 2015 tentang Kewajiban Perbaikan Sistem Keamanan Bandar Udara.

Dengan diterapkannya kebijakan baru tersebut, petugas Avsec berhak melakukan pemeriksaan badan menyeluruh terhadap para penumpang pesawat.

20410_620

Terlebih, jika saat diperiksa melalui metal detector didapati ada benda mencurigakan yang ditunjukkan melalui kode suara.

Untuk efisiensi waktu pemeriksaan, Agus juga mengingatkan agar penumpang pesawat sudah terlebih dahulu memilah barang-barang saat menjalani pos-pos pemeriksaan di bandara.

Adapun barang-barang yang perlu dikeluarkan yaitu yang berunsur logam, seperti telepon seluler, kamera saku, koin, dan barang-barang sejenis lainnya.

Prosedur ini berlaku untuk semua bandara yang bernaung di bawah PT Angkasa Pura II.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com/

809 total views, 2 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top