HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

Nasihat Dr. Shigaeki Hinohara (Dokter Dengan Usia 103 Tahun) Yang Akan Menyadarkan Kita Tentang Hidup

1022-healthy-feature.jpg

Dr. Shigeaki Hinohara merupakan salah satu dokter berpengalaman di Jepang dan di dunia. Dedikasi, pengalaman, dan pengetahuannya di bidang kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Saat ini, usianya sudah lebih dari satu abad.

DR.-SHIGEAKI-HINOHARA-1-620x264

Menurut Shigeaki; cara makan dan makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh agar mampu bekerja secara sempurna. Itu sebabnya, meski usianya sudah menginjak 103 tahun, beliau masih memiliki fisik yang prima dan selalu tampak bugar. Dia juga berhasil menjaga berat badannya agar tetap ideal, yaitu berada di kisaran angka 60 kg sejak berusia 30 tahun.

1. Energi bersumber dari perasaan yang baik, bukan dari makan banyak atau tidur terlalu banyak.

98c1db4e-7ed2-499a-8e65-5e3cf0460a99

 

Ketika kamu masih kecil, hal yang paling kamu sukai yaitu bermain dan bermain, iya kan? Bahkan, kamu sampai lupa waktu makan dan tidur, tetapi kamu tetap bersemangat. Kenapa? Karena kamu sangat senang ketika bermain. Perasaan baik itulah yang menjadi sumber energimu meskipun kamu lupa makan dan lupa tidur. Karena itu, cobalah untuk selalu berperasaan baik dan berpikiran positif, percaya kamu pasti merasa lebih berenergi!

2. Jaga berat badan agar tetap ideal.

3752

 

Semua orang dengan umur melebihi 100 tahun punya satu kesamaan: mereka tidak mengalami kelebihan berat badan. Dr. Shigeaki sangat berhati-hati dengan apa yang ia makan. Beliau memilih minyak zaitun karena tidak menyumbat arteri dan menjaga kulit tetap sehat dibanding minyak sayur atau minyak lainnya, dan juga lebih memilih daging ikan ketimbang daging merah. Selain itu juga banyak makan sayur dan buah-buahan.

3. Selalu membuat rencana untuk masa depan.

family_summer_holidays

 

Dr. Shigeaki menyusun jadwalnya penuh dalam setahun dengan berbagai kegiatan seperti seminar, praktek, dan lainnya. Beliau selalu mencari kebahagiaan dalam semua pekerjaan yang dilakukannya. Beliau bahkan tidak sabar untuk menghadiri Olimpiade Tokyo tahun 2020 nanti. Rencana memberikan kita semangat untuk maju ke depan.

4. Jangan terburu-buru untuk pensiun. Usia paling bagus untuk pensiun adalah umur 65 tahun.

fotolia_32825458_subscription_xxl-1024x705

 

Banyak orang yang ingin cepat-cepat pensiun dan bebas melakukan apapun yang mereka suka. Namun sebenarnya kesibukanlah yang membuat kita umur kita lebih panjang. Ibarat kereta yang tidak dipakai dan didiamkan saja pasti akan berkarat, namun apabila terus digunakan pasti akan lebih awet dan tahan lama.

5. Bagikan apa yang kamu ketahui.

fishing

 

Walaupun Dr. Shigeaki telah berusia 103 tahun, beliau tetap aktif mengajar dan mengadakan seminar, bahkan dihutung-hutung ada lebih dari 150 seminar yang beliau adakan dalam setahun, sebagian dari itu untuk anak-anak sekolah dasar. Ia menganjurkan kita untuk selalu berbagi pengetahuan yang kita miliki.

6. Jangan percaya semua yang dikatakan atau dianjurkan oleh dokter.

GTY_woman_hospital_bed_sr_131218_16x9_992

 

Lucunya saran ini datang dari beliau yang sendiri adalah dokter. Dr. Shigeaki berpendapat bahwa dokter bukanlah Tuhan dan dokter tidak mampu menyembuhkan segala penyakit. Bila seorang dokter menyarankan untuk operasi atau melakukan prosedur tertentu, tanyakan padanya apakah ia akan melakukan hal sama bila itu adalah anak atau istrinya. Bila operasi tidak benar-benar dibutuhkan, sebaiknya lakukan metode penyembuhan lain, seperti terapi hewan atau musik.

7. Pilih untuk naik tangga ketimbang lift dan bawa barang-barangmu sendiri.

stairs

 

Tidak ada yang bisa menggantikan manfaat olahraga sekalipun makan makanan bergizi. Untuk tubuh tetap fit dan ramping, gerak badan adalah satu-satunya jalan!

8. Temukan sumber inspirasimu.

inspiration

Entah itu dari buku, tokoh penting, maupun seniman. Terkadang kita bisa terjerat dalam rutinitas dan kesibukan sehari-hari layaknya seperti robot. Pikiran kita menjadi tidak jernih dan terbatas. Inspirasi dibutuhkan untuk menjernihkan pikiran dan menyadarkan kita, sekaligus menjadi pedoman ketika kita menemui masalah.

9. Cara terbaik untuk mengalahkan rasa sakit adalah dengan bergembira.

large-1-1024x590

Apabila kita mengajak anak yang sedang sakit gigi untuk bermain, ia pasti langsung lupa dengan rasa sakitnya. Dari situ kita belajar bahwa cara menghilangkan atau meringankan rasa sakit adalah melarikan fokus kita dari rasa sakit itu dan fokus ke hal-hal lain, terutama yang dapat membuat kita senang. Rasa gembira sangat efektif untuk melawan rasa sakit.

10. Jangan terobsesi pada materi.

maxresdefault-3-1024x683

 

Kita semua tahu bahwa harta tidak dapat dibawa kemana-mana kalau sudah meninggal. Namun ironisnya, masih sangat banyak orang yang terobsesi pada barang-barang berupa materi dan mereka tidak sadar bahwa mereka telah dikuasai oleh para produsen dan merk-merk yang hanya ingin membuat keuntungan.

11. Sains sendiri tidak mampu menyembuhkan dan menolong semua orang.

science_beaker

Dr. Shigeaki berpendapat bahwa setiap orang itu berbeda, namun sains memperlakukan semua orang dengan sama. Padahal penyakit setiap orang berbeda-beda, ada yang bersumber dari mental dan tidak semua penyakit dapat disembuhkan dengan medis. Banyak sebenarnya penyakit yang dapat disembuhkan secara alami, dengan pengobatan tradisional atau terapi. Pengobatan seharusnya dicocokkan dengan kondisi pasien sendiri, terkadang obat medis bukanlah jalan yang terbaik.

12. Hidup ini tidak dapat diprediksi dan selalu penuh dengan insiden.

heavy-rain-artistic-wallpaper-2560x1600-1426

Dr. Shigeaki menceritakan pengalamannya yaitu, “31 Maret 1970, saat itu saya terbang dari Tokyo ke Fukuoka. Pesawat yang saya tumpangi dibajak oleh partai komunis Jepang. Saya harus menghabiskan empat hari terikat di kursi, dengan suhu 40 derajat celcius. Saya melihat ini sebagai percobaan. Namun, rasanya cukup menakjubkan melihat bagaimana reaksi manusia terhadap situasi krisis.”

Hidup ini memang penuh dengan cobaan, namun setiap cobaan pasti ada hikmah yang bisa diambil dan jalan keluar yang dapat ditempuh.

13. Temukan tokoh yang menjadi panutan hidupmu.

Carilah seseorang yang dapat kamu contoh, entah itu ayahmu, artis terkenal, atau siapa pun itu. Salah satu panutan hidup Dr. Shigeaki adalah ayahnya. Menurut ayah Dr. Shigeaki, kita harus selalu mencoba untuk mencapai lebih dari apa yang bisa kita capai. Bila Dr. Shigeaki menemui masalah, beliau akan bertanya kepada diri sendiri apa yang akan dilakukan oleh ayahnya kalau ia dihadapkan dengan masalah yang sama.

14. Umur panjang adalah sesuatu yang indah.

main shutterstock_62913607

Dr. Shigeaki mendedikasikan hampir seluruh hidupnya di bidang sosial. Meskipun telah berusia 103 tahun, ia mengaku mampu bekerja selama 18 jam dalam sehari. “Dan saya sangat menikmati setiap menit yang saya lalui,” ujarnya.

1,573 total views, 4 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top