HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

Kegigihan Gadis Cilik yang Divonis Hidup Cuma 1 Tahun

Seorang gadis cilik yang sebelumnya divonis tidak bisa bertahan setelah usia 1 tahun, merayakan ulang tahun yang ke-5.

Gadis bernama Chloe Mah warga Singapura itu didiagnosa menderita penyakit Pompe saat baru berusia 6 bulan. Penyakit Pompe adalah kondisi kelainan genetik yang tidak bisa disembuhkan, yang membuat otot-otot penderitanya menjadi lemah.

Menurut dokter, Chloe tidak akan bisa bertahan hidup saat melewati hari ulang tahun pertamanya. Namun Chloe ternyata masih bertahan dan telah merayakan ulang tahunnt. Bahkan hingga ulang tahun yang ke-5 awal bulan ini.

dsc_1025

Ayah Chloe, Kenneth Mah, 44 tahun bahkan rela meninggalkan bisnisnya pada tahun 2011 untuk merawat putrinya.

Kenneth mengakui awalnya sangat tidak mudah. “Saya harus belajar mengoperasikan alat-alat kesehatan dan memenuhi kebutuhannya.”

dsc_0767

Menurut Kenneth, dia harus memberi makan Chloe setiap tiga jam menggunakan selang yang dimasukkan ke dalam lambungnya.

Kenneth juga harus belajar bagaimana membaca denyut jantung dan tingkat oksigen dalam darah Chloe melalui monitor khusus. Selain itu, dia juga harus menggunakan alat penghisap khusus untuk mengeluarkan kotoran dari tenggorokan putrinya.

Chloemah

Karena Chloe bertambah besar dan kebutuhannya meningkat, Kenneth terpaksa menyewa seorang pembantu untuk merawat putrinya itu.

Karena kondisinya itu, Chloe tidak bisa berbicara dan hanya mengandalkan bahasa isyarat melalui tangan atau geraman.

Chloe juga tidak bisa berjalan sendiri. Jika dia ingin jalan-jalan, keluarga akan mendorongnya menggunakan kursi roda yang dilengkapi alat-alat penunjang hidupnya.

10422345_897239783633100_3741691116353013002_n

Sebagai bagian dari perawatannya, Chloe menjalani terapi khusus setiap 4 hari sekali untuk menguatkan jantung dan otot-ototnya. Chloe juga menjalani fisioterapi secara teratur dan mengikuti latihan bergerak dan berbicara.

Semua tindakan medis tersebut memaksa Kenneth mengeluarkan dana sekitar SGD$ 250.000 (Rp2,3 miliar) setiap tahun.

Perkembangan Chloe dapat dilihat di Fans Page nya di sini. 

5,553 total views, 4 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm
Top