HALIM-2014-REV-3-Rev-21-Jan-2014

11 Candi Megah di Asia

Sebagian besar rencana perjalanan wisata seputar Asia mencakup kunjungan ke setidaknya satu candi. Benua Asia memiliki ratusan candi. Setiap candi memiliki keunikannya sendiri. Beberapa di antaranya merupakan monumen religius paling menakjubkan dan terkenal di dunia. Berikut 11 Candi yang menurut Skyscanner dapat menjadi inspirasi untuk liburan Anda!

Angkor Wat, Kamboja

Anda mungkin sudah sering melihat foto Angkor Wat tapi yang pasti foto itu tidak akan mampu menandingi pemandangan Angkor Wat secara langsung. Pada mulanya, monumen dengan luas sekitar 2.023.428 m2 ini merupakan candi Hindu tetapi mengalami perubahan menjadi candi Buddha. Angkor Wat merupakan sebuah mahakarya arsitektur yang memadukan secara sempurna galeri tertutup, menara tinggi, atap bergelombang, dekorasi patung, dan banyak ukiran serta lukisan tersembunyi. Candi yang indah dan megah ini merupakan salah satu monumen paling berkesan yang akan pernah Anda jumpai.

 kamboja

Bagan, Myanmar

Bayangkan lebih dari 2.000 reruntuhan monumen Buddha dengan berbagai bentuk dan ukuran tersebar di daerah seluas 41.439.809 m2. Seperti itulah gambaran betapa menariknya kota tua Bagan. Sebagian besar candi atau setidaknya yang tersisa dari bangunan itu berasal dari abad ke-11 sampai 13. Di antara sejumlah candi yang perlu dilihat adalah Candi Dhammayangyi yang besar, Candi Thatbyinnyu yang tinggi, Candi Ananda yang anggun, dan Pagoda Shweigon yang megah. Apabila Anda ingin melihat sebanyak mungkin monumen di sini, maka Anda dapat berkeliling dengan menggunakan balon udara, andong, atau sepeda.

pagoda

Borobudur, Indonesia

Siapa yang tak kenal Borobudur? Borobudur terletak di puncak sebuah bukit dan terkenal baik oleh arsitekturnya maupun pahatan batunya. Relief berkisahkan kehidupan sang Buddha menghiasi tembok dan tangga dari candi bertingkat tiga ini. Terdapat 2.672 papan relief dan lebih dari 500 patung Buddha. Lihatlah di antara stupa yang berada di tingkat paling atas dan Anda akan melihat figur Buddha di dalamnya. Hal yang membuat Borobudur lebih menakjubkan lagi adalah pembangunan candi ini tidak menggunakan semen maupun mortir.

borobudur

Harmandir Sahib, India

Tampilan arsitektur Harmandir Sahib tidak hanya indah tetapi juga simbolik. Tidak seperti kuil Hindu lainnya, kuil Sikh ini dibangun di dataran yang lebih rendah untuk menunjukkan kesetaraan dan kerendahan hati. Selain itu bangunan ini dirancang dengan empat pintu masuk, bukan hanya satu, agar dapat diakses oleh semua orang tanpa memandang kasta, kepercayaan atau suku. Strukturnya sendiri terbuat dari keramik putih dengan lantai atas sepenuhnya disepuh. Orang-orang mengatakan bahwa puncaknya berlapiskan 100 kilogram emas murni! Pergilah ke sana agar melihat dengan mata kepala sendiri!

Harmandir-Sahib

Kuil Kinkakuji, Jepang

Kami tidak tahu mana yang lebih indah: lantai atas Kuil Kinkakuji yang sepenuhnya disepuh atau refleksi emas di danau di depannya. Namun yang jelas adalah bangunan elegan ini dipandang karena memiliki tiga gaya arsitektur. Lantai pertama memiliki tembok putih dan tiang kayu asli yang merupakan ciri dari istana pada periode Heian. Lantai kedua mengambil inspirasi dari rumah tinggal para samurai. Bagian paling atas berhiaskan feniks emas dan mengingatkan kita akan ruangan Chinese Zen.

kinkakuji

Candi Prambanan, Indonesia

Jika Anda berniat ke Borobudur, ada baiknya memperhitungkan waktu untuk mengunjungi Candi Prambanan juga. Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks di mana terdapat lebih dari 200 candi yang terbagi ke dalam tiga bagian. Di mana letak titik fokusnya? Jawabannya adalah candi Shiva yang memiliki ketinggian 47 meter! Di bagian utara dari candi ini terdapat candi Brahma dan di bagian selatan terdapat candi Wisnu. Apabila Anda ingin mengetahui cerita Ramayana maka amatilah relief menakjubkan yang terpahat di sepanjang candi. Lihatlah juga sejumlah kuil yang terdapat di sekeliling.

prambanan

Kuil Ranakpur, India

Bukan sekedar fakta bahwa seluruh Kuil Ranakpur Jain terbuat dari marmer yang menjadikan bangunan ini luar biasa indah. 1.444 pilar yang menopang struktur ini juga akan memukau Anda karena tiga alasan berikut ini. Pertama, ukiran bidadari yang menari dan bermain suling di pilar dengan ketinggian 13.716 meter. Kedua, setiap pilar unik dan berbeda. Ketiga, pilar yang terdapat di ruang doa berubah warna dari emas ke biru seiring dengan perubahan sinar matahari.Jangan sampai Anda melewatkan pemandangan ukiran di kuil Adinath atau Chaumukha. Semuanya menakjubkan!

ranakpur

Pagoda Shwedagon, Myanmar

Apa yang lebih baik dari kuil yang berkilau emas? Jawabannya adalah kuil yang bertatahkan berlian! Pagoda Shwedagon merupakan kombinasi dari keduanya. Emas melapisi stupa utama dan berlian dengan lebih dari 2.000 karat beserta dengan batu berharga lainnya seperti rubi dan safir menghiasi bagian atasnya. Anda pun dapat mencoba melihat berlian 76 karat yang terdapat di puncak tertinggi. Di bagian yang sama dengan stupa terdapat pula kuil, patung, dan ruang doa.

Shwedagon

Taktsang Dzong, Bhutan

Bangunan yang menentang gravitasi adalah Taktsang Dzong (atau biara Taktsang). Bangunan ini terletak di pinggir tebing, tepat di atas hamparan pinus biru dan rhododendron, serta memiliki pemandangan lembah Palo yang indah. Di sini juga terdapat kuil yang dibangun di dalam gua dan dipercaya sebagai tempat Guru Rinpoche datang ketika ia memperkenalkan agama Buddha di Bhutan. Menurut legenda, ia naik di atas pundak harimau terbang yang kemudian dijadikan nama biara ini dan dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai Tiger Nest. Anda dapat mendaki dari palung ke kuil selama tiga hingga empat jam. Anda dapat juga melakukan perjalanan dengan menaiki kuda poni.

Bhutan

 

Kuil Surga (Temple of Heaven), China

Kuil Surga yang tenang memiliki luas 267 hektar dan merupakan bangunan untuk ritual persembahan ke surga yang terluas. Terdapat 92 gedung tua dengan 600 kamar dan 4.000 pohon cemara tua. Dari tampilan secara keseluruhan hingga struktur yang detail, Anda dapat melihat bahwa altar dirancang untuk menunjukkan hubungan antara dunia dan surga. Pemahaman bahwa surga itu bulat dan dunia itu persegi terlihat dari bentuk ruang kuil yang bulat dengan dasar berbentuk persegi serta bentuk setengah lingkaran dan persegi dari taman di bagian utara dan selatan. Apabila Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengeksplorasi bangunan ini, maka pastikan Anda berkunjung ke Hall of Prayer for Good Harvest dan lihatlah teras berjenjang terbuat dari marmer.

temple china

 

Wat Arun, Thailand

Kuil terbaik yang terletak di pinggir sungai adalah Wat Arun yang menakjubkan. Wat Arun memiliki atraksi utama berupa menara setinggi 82 meter yang berhiaskan mozaik bunga berwarna-warni dan siap memanjakan mata Anda. Fitur mozaik ini berupa potongan porselen Cina yang warna-warni dan kulit kerang yang diatur secara menarik. Di bagian bawah dari menara, Anda akan menemukan beragam patung tentara dan hewan. Selama berkunjung ke tempat ini, Anda juga dapat menjelajah paviliun kuil yang bergranit hijau dan Ordination Hall yang kaya akan dekorasi.

wat arun

 

Penerjemah artikel: Mila Guritno, Penulis artikel: Joan Lopez-Flores untuk Skyscanner Filipina 

795 total views, 8 views today

Komentar Anda

komentar

About Bintang Mars

Berdiri semenjak tahun 2003. Tetap bertahan sampai saat ini berkat kepercayaan para customer setia kami. Berusaha memberikan yang terbaik,melayani dengan hati. Karena kami yakin bahwa kepuasan anda adalah masa depan kami.

banner bawah bm
Top